Modul Sakit Perut: Skenario 1

Skenario:
Seorang laki-laki berumur 35 tahun datang ke klinik dengan keluhan utama nyeri yang meunusuk pada daerah ulu hati sejak kurang lebih 24 jam yang lalu. Pasien ini juga mengeluh mengalami mual dan muntah, terutama setelah mencoba makan atau minum.
Pembahasan:
Laki-laki ini dicurigai menderita ulkus peptikum atau mungkin gastritis. Daerah ulu hati menunjukkan lokasi organ yang bermasalah, pada daerah itu terdapat gaster. Mual dan muntah disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Sel penghasil asam lambung itu akan bereaksi ketika ada makanan.

Pertama-tama, sebelum membahas mengapa bisa terjadi nyeri ataupun bagaimana penatalaksanaannya, yang menjadi pertanyaan pastilah tentang apa saja organ yang kemungkinan mengalami keluhan nyeri itu.
Organ-organ yang berada di daerah ulu hati, atau dalam hal ini kita terjemahkan sebagai regio epigastrium, antara lain adalah oesophagus bagian distal, gaster, duodenum pars superior, lobus sinistra hepar, dan pankreas. (Kalau masih ada yang lain, silakan ditambah).
  1. Oesophagus
    Oesophagus merupakan organ yang terdiri dari lapisan muskuler, menyerupai tabung yang kolaps, menghubungkan antara pharynx dan gaster. Panjangnya sekitar 25 cm dan diameternya sekitar 2 cm, batas bawahnya berada sekitar 2-3 cm di bawah diaphragma. Secara histologis, bagian mulkularis propria sepertiga proksimal terdiri dari otot skelet, sepertiga media gabungan antara otot skelet dan otot polos, dan sepertiga distalnya terdiri dari jaringan otot polos. Lapisan mukosanya terdiri atas epitel berlapis gepeng, submukosa terdapat glandulla oesophageal dan papilla. Fisiologisnya, oesophagus ini melakukan gerakan peristaltik untuk menghantarkan makanan yang telah dicerna secara mekanis di mulut dengan gigi geligi, sehingga menjadi bentuk bolus, ke dalam lambung (gaster).
  2. Gaster
    Gaster terletak di antara oesophagus dan duodenum, berbentuk seperti huruf J, dan terdiri dari fundus, corpus, dan pylorus. Pada bagian dalam gaster terdapat rugae. Secara histologi, lambung terdiri atas 5 lapisan, yaitu: mukosa, submukosa, muskularis, subserosa dan serosa, gaster memiliki sumur-sumur yang disebut foveola gastricae, di mana pada setiap fovea gastrica itu terdapat bebagai macam sel. Ada mucous neck cell yang menghasilkan mukus, parietal cell atau oxyntic cell yang menghasilkan asam lambung, chief cell atau zymogenic cell yang menghasilkan pepsinogen, dan APUD cell yang menghasilkan hormon gastrin, histamin, endorfin, serotonin, kolesistokinin, dan somatostatin. - belum selesaai -
OldestNewer