Peritoneum

 
Peritoneum adalah suatu membrana serosa yang tipis, halus dan mengkilat, terletak pada facies interna cavum abdominis. Secara umum, dibagi menjadi peritoneum parietale, peritoneum viscerale, dan cavum peritonei. Peritoneum viscerale adalah yang membungkus permukaan organ abdominal, peritoneum parietale adalah yang menutupi dinding abdomen dari dalam rongga abdomen, sedangkan cavum peritonei adalah rongga yang terletak di antara kedua lapisan tersebut dan mengandung cairan sereus.Peralihan peritoneum parietale menjadi paritoneum viscerale (reflexi peritoneum) dapat berupa lipatan (plica), lembaran (omentum), atau alat penggantung viscera.


Reflexi peritoneum yang berupa lipatan antara lain adalah plica rectouterina dan plica umbilicalis lateralis. Reflexi peritoneum yang berpa lembaran adalah omentum majus dan omentum minus. Dan reflexi peritonei yang berupa penggantung adalah mesenterium, mesocolon transversum, ligamentum hepatogastricum, dan ligamentum falciforme hepatis.

Cavum peritonei berisi cairan sereus, yang merupakan ruangan tertutup pada pria, sedangkan pada wanita terdapat hubungan dengan dunia luar melalui Ostium tubae uterinae. Nama lain dari cavum peritonei adalah Greater sac. Sedangkan Lesser sac merujuk kepada bursa omentalis. Pintu masuk ke dalam bursa omentalis disebut foramen epiploicum winslowi.

Greater sac (cavum peritonei) pada bagian anterosuperior terbagi menjadi pars sinister dan pars dexter oleh ligamentum falciforme hepatis, dan pada bagian posteroinferior dibatasi oleh perlekatan mesocolon transversum pada pancreas.

Lesser sac (bursa omentalis) merupakan ruangan yang irreguler, berada di sebelah dorsal lobus caudatus hepatis, omentum minus dan gaster, serta berada di dalam omentum majus. Batas-batas bursa omentalis, di sebelah ventral berbatasan dengan peritoneum yang membatasi lobus caudatus hepatis, omentum minus, peritoneum yang melapisi pars posterior ventriculi, dan omentum majus, sementara di posterior berbatasan dengan omentum majus, peritoneum yang meliputi colon transversum, mesocolon transversum, dan peritoneum yang meliputi struktur di bagian posterior cavum abdominis (pancreas, gld. suprarenalis sinistra).

Foramen epiploicum winslowi dibatasi oleh processus caudatus hepatis di sebelah cranial, oleh ligamentum hepatoduodenale di bagian ventral, oleh pars superior duodeni di bagian caudal, dan oleh peritoneum parietale yang menutupi vena cava inferior di sebelah dorsal.

Reflexi peritoneum merupakan penggantung organ viscera yang merupakan lapisan ganda di dalam peritoneum yang menghubungkan organ-organ peritoneum ke bagian dorsal dan ventral dari dinding tubuh. Fungsinya adalah untuk memfiksasi organ, menyimpan lemak, dan sebagai jalur bagi nervus dan pembuluh darah. Mesenterium yang terletak di ventral menghubungkan organ ke dinding abdomen anterior yaitu ligemntum falciform dan omentum minus. Reflexi peritoneum yang terletak di dorsal menghubungkan organ peritoneum ke dinding posterior abdomen, yaitu omentum majus, mesenterium propria, mesocolon transversum, dan mesocolon sigmoideum.

Perbedaan organ peritoneum dan organ retroperitoneum. Organ-organ peritoneum dikelilingi oleh cavum peritoneal, yaitu hepar, gaster, ileum, jejunum, kolon transversum, dan kolon sigmoid. Organ-organ retroperitoneum terletak di belakang peritoneum, yaitu kolon asendens, kolon desendens, pancreas, rectum, dan duodenum.