Anatomi Kolon

REFERENSI
Panjang kolon adalah sekitar 5-6-kaki, bagian berbentuk U bagian dari seluruh usus besar (saluran cerna bagian bawah). Secara definisi, caecum (dan appendix) dan ano-rektum, yang juga merupakan bagian dari usus besar, tidak termasuk dalam kolon.

Secara embriologis, kolon berkembang sebagian dari midgut (kolon ascendens sampai proksimal kolon transversum) dan sebagian dari hindgut (kolon transversum distal sampai kolon sigmoid).
Pada foto polos abdomen, kolon terlihat terisi dengan udara dan feses. Kolon diidentifikasi dengan haustra (sakulasi irreguler incomplete).

Kolon ascendens
Kolon ascendens (kanan) terletak vertikal di bagian paling lateral kanan dari rongga perut. Ujung proksimal yang buntuyang berbentuk dari kolon ascendens disebut caecum. Kolon ascendens berbelok tepat di bawah hati membentuk flexura coli dextra / flexura hepatica dan menjadi kolon transversum, yang memiliki jalur horizontal dari kanan ke kiri.

Kolon Transversus
Kolon transversus kemudian berjalan terus ke kiri dan kemudian berbelok tepat di bawah limpa membentuk flexura coli sinistra / flexura lienalis dan kemudian menjadi kolon descendens (kiri) yang terletak vertikal di bagian lateral paling kiri dari rongga perut. Kolon descendens mengarah ke kolon sigmoid yang berbentuk V terbalik, yang kemudian menjadi rektum di setinggi Vertebra Sacralis III. Kolon sigmoid ini disebut demikian karena bentuknya seperti huruf S.

Usus paracolica
Kolon bagian lateral, yaitu kolon ascendens dan kolon descendens adalah usus paracolica bagian  kanan dan kiri dari rongga peritoneal. Melalui usus ini, cairan / nanah di perut bagian atas dapat menetes ke dalam rongga panggul. Kolon ascendens dan descendens terkait dengan ginjal, ureter, dan pembuluh gonad yang ada di dalam retroperitoneum di belakangnya; kolon ascending juga terkait dengan duodenum.

Kolon transversus dan kolon sigmoid
Kolon transversus dan kolon sigmoid masing-masing memiliki mesenterium (yaitu, mesokolon transversal dan mesokolon sigmoid), tetapi kolon ascendens dan kolon descendens bersifat retroperitoneal, sementara caecum terletak intraperitoneal tetapi menggunakan mesenterium ileum. Dasar mesokolon transversum terletak horizontal di duodenum dan pankreas. Omentum major memiliki beberapa bagian, termasuk 4-lapis omentum yang menggantung kolon transversum dan 2-lapis ligamentum gastrocolic yang menghubungkan kurvatura mayor lambung dan kolon transversum.

Flexura Lienalis
Flexura lienalis melekat pada diafragma oleh ligamentum frenocolica. Tiga taenia coli yang berjalan longitudinal terdapat pada caecum, kolon ascendens, kolon transversum, kolon descendens, dan kolon sigmoid, tetapi tidak pada rektum. Pada kolon ascendens dan descendens, taenia coli terdapat pada bagian anterior, posterolateral, dan posteromedial.  Terdapat omentumdari lemak yang disebut appendix epiploicae yang melekat pada kolon.

Suplai darah
kolon disuplai oleh arteri mesenterika superior melalui cabang arteri colica dextra dan cabang arteri colica media dan oleh arteri mesenterika inferior melalui arteri colica sinistra dan cabang sigmoid ganda. Cabang terminal arteri ini yang memasuki dinding disebut vasa recta.

Serangkaian terus anastomosis antara cabang distal dari arteri proksimal dan cabang proksimal dari arteri distal berjalan di sepanjang perbatasan mesenterika dari kolon dan disebut arteri marjinal. Arteri marjinal memungkinkan panjang panjang usus harus dimobilisasi (misalnya, yang akan diambil sampai ke dada untuk menggantikan kerongkongan).

Persimpangan dua pertiga proksimal dan distal sepertiga dari kolon transversum, di mana cabang-cabang terminal dari arteri mesenterika superior dan inferior bertemu, adalah daerah aliran yang rentan terhadap iskemia.

Vena mesenterika superior menyertai arteri mesenterika superior, tetapi vena mesenterika inferior mengalir lebih tinggi dari asal dari arteri mesenterika inferior; berjalan vertikal ke atas ke kiri dari persimpangan duodenojejunalis dan memasuki vena lienalis atau persimpangan dengan yang vena mesenterika superior untuk membentuk vena portal.

Gambaran Mikroskopik

Kolon memiliki 4 lapisan yang sama yang terdapat di sebagian besar saluran pencernaan: mukosa, submukosa, muskularis propria, dan serosa.

Mukosa termasuk epitel kolumnar dengan sejumlah besar mukus sel goblet (vili, yang terdapat di usus kecil, yang tidak terdapat dalam usus), lamina propria, dan mukosa muskularis. Lapisan submukosa berisi pembuluh darah dan saraf pleksus Meissner. Muskularis propria berisi otot sirkularis interna, otot longitudinal externa dan pleksus nervus myenteric (Auerbach). Taenia coli dibentuk oleh otot-otot longitudinal externa. Lapisan serosa dari kolon adalah peritoneum viseral.

Variasi Fisiologik
Kolon transversum mungkin panjang dan berlebihan dan dapat turun ke dalam panggul. Ujung dari loop sigmoid dapat melintasi garis tengah dan terletak di fossa iliaka kanan. Diverticula (divertikula palsu yang mengandung herniasi mukosa melalui cacat dalam otot) dapat hadir dalam kolon, terutama kolon kiri.

Variasi Patologik
Malrotasi usus menghasilkan usus kecil berada di bagian kanan rongga perut dan usus besar terletak di kiri. Atresia kolon adalah penyempitan atau bahkan hilangnya lumen usus, mengakibatkan obstruksi usus pada neonatus.

Pemeriksaan kolon
kolon dapat dievaluasi dengan kolonoskopi (endoskopi GI rendah) dan seri GI rendah menggunakan media kontras radiologis (misalnya, barium, Gastrografin). Akhir film barium tindak melalui studi juga dapat mengungkapkan kolon.

Dinding kolon dan massa di kolon dapat dievaluasi dengan kontras yang disempurnakan (kontras intravena dan dubur) computed tomography (CT). Rekonstruksi gambar CT (CT colonography; kolonoskopi virtual) menyediakan pencitraan yang baik sebaimana kolonoskopi. USG tidak berguna untuk evaluasi dari kolon.

Pertimbangan Bedah
Hal yang perlu dipertimbangkan untuk pembedahan adalah sebagai berikut:
  • Kantung kecil (di belakang lambung dan di depan pankreas) dapat didekati melalui mesokolon transversum
  • Hati lentur dan fleksura lienalis diturunkan untuk memobilisasi kolon ascending dan descending, masing-masing
  • Sisi ke sisi anastomosis kolon harus dilakukan pada teniae, di mana semua lapisan yang terdapat
  • Hemicolectomy kanan memuat penghapusan beberapa sentimeter dari terminal ileum, caecum (dengan appendix), kolon asendens, dan kolon transversum proksimal dengan anastomosis ileotransverse
  • Hemicolectomy Kiri mencakup hilangnya distal kolon transversum, kolon desendens, dan kolon sigmoid dengan anastomosis kolorektal
  • Kolektomi total mencakup hilangnya caecum (dengan appendix), kolon asendens, kolon transversum, kolon desendens, dan kolon sigmoid dengan anastomosis ileorectal
  • Cedera dapat terjadi pada duodenum selama hemicolectomy tepat dan ureter selama hemicolectomy kanan atau kiri hemicolectomy
  • Cedera dapat terjadi ke limpa selama hemicolectomy kiri

Tambahan Pertimbangan
Pertimbangan lain adalah sebagai berikut:
  • Transverse mesokolon dan kolon transversum dapat terlibat (menyusup) dalam kanker lambung dan pankreas
  • Kolon sigmoid memiliki mesenterium yang sempit berbasis tapi panjang, yang rentan terhadap volvulus (torsi)